Bau Kaki : Penyebab, Cara Mencegah, dan Cara Mengusir


Dandanan sempurna, pakaian fashionable, tak lupa sepatu juga mengkilap tentunya. Namun kesempurnaan itu akan lenyap jika kaki bau terasi.

Bukan hanya gebetan saja yang menjauh, hidung kita pun seolah berteriak untuk tidak menghirup lagi aroma tersebut.

Istilah medis dari bau kaki disebut dengan bromodosis yaitu kondisi dimana kaki sobat memroduksi keringat berlebih dan kaki menjadi lembab, terutama saat memakai sepatu dan hal itulah yang menyebabkan aroma tak sedap.

 

PENYEBAB BAU KAKI

Ada berbagai hal yang menyebabkan kaki berbau tak sedap antara lain:

Perubahan Hormon

Perubahan hormon dapat menyebabkan produksi keringat bertambah, perubahan hormon terjadi saat masa puber atau saat mengandung. Itulah sebabnya kenapa ibu hamil, remaja dan pasien terapi hormon lebih rentan mengalami masalah bau kaki. Jadi tak perlu khawatir jika kaki kita bau. Yang perlu kita khawatirkan ketika bau kaki tersebut kita alami sampai berbulan hingga bertahun-tahun lamanya.

 

Stres

Ketika kita stres tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang akan memicu kelenjar keringat untuk terus memproduksi keringat baik di telapak tangan maupun kaki. Namun respon setiap tubuh orang juga berbeda-beda. Adapula ketika stres menjelang timbul jerawat, gatal-gatal, sakit kepala ataupun sakit perut. Jadi temukan terlebih dahulu penyebabnya ya sobat.

 

Hiperhidrosis

Yaitu sebuah kondisi dimana seseorang memproduksi keringat jauh lebih banyak dari biasanya, hal ini juga disebabkan oleh gangguan metabolisme yang tidak berfungsi dengan baik.

 

Athlete's Foot

Yaitu sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur dan dapat menyerang siapa saja bukan hanya atlet saja loh, tandanya yaitu rasa gatal dan kulit kaki menjadi kering dan pecah-pecah, sehingga penderita menjadi rentan mengalami berbagai penyakit kulit lainnya.

 

CARA MENGUSIR BAU KAKI

Setelah tau penyebab bau kaki, lalu bagaimana sih cara mengusirnya. Selain bau yang tak sedap, bau kaki juga berakibat dijauhi oleh orang-orang terdekat. Simak yuk beberapa cara mengusir bau kakai yang dapat kita lakukan sendiri dirumah:

  • Rendam kaki menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam selama 10-20 menit sebelum tidur, hal ini dapat mengurangi produksi keringat pada kaki. Sehingga kaki dapat bernapas kembali sebelum mengenakan sepatu atau kaos kaki di esok hari.
  • Menggunakan scrub khusus kaki dengan kandungan anti bakteri yang digosokan pada kaki sambil dipijat ringan. Lakukan sebelum mandi maka kotoran dan bakteri yang ada dikaki berangsur akan hilang dan pastinya bau kaki pun juga menghilang.
  • Oleskan minyak esensial pada kaki, Selain memberikan aroma yang segar hal ini juga dapat membunuh bakteri penyebab bau kaki tidak sedap.

 

CARA MENCEGAH MUNCULNYA BAU KAKI

Lalu bagaimana cara mencegahnya? yuk simak selengkapnya cara mencegah kaki bau tak sedap:

  • Cuci kaki setiap hari secara rutin dengan sabun yang mengandung antibakteri dan anti jamur.
  • Menyimpan sepatu di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik.
  • Jangan menggunakan kaos kaki atau sepatu yang sama selama 2 hari berturut-turut.
  • Masukan silica gel kecil kedalam sepatu ketika mau disimpan, yang berfungsi menyerap kelembapan didalam sepatu dan mengusir bau tidak sedap.  

 

Nah gimana sobat, sekarang sudah tau kan bagaimana penyebab, cara mengusir dan cara mencegah munculnya bau kaki tak sedap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa selalu hidup sehat setiap hari ya.

Wadah Ngobrol Sebuah konten yang bertujuan sebagai wadah untuk membahas dan berbagi tentang tips kesehatan, pengalaman penulis, Motivasi dari penulis, dan beberapa puisi karya penulis

Belum ada Komentar untuk "Bau Kaki : Penyebab, Cara Mencegah, dan Cara Mengusir "

Posting Komentar

Hallo sobat ngobrol, silahkan berkomentar yang baik, supaya dapat membawa kebaikan juga buat kamu. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel