CARA MENGATASI KRAM PERUT SAAT HARI PERTAMA HAID

 


Kram perut saat hari pertama haid??

Tenang jangan panik dulu, karena memang beberapa wanita ada yang mengalami sakit berlebihan dan ada pula yang tidak sama sekali merasakan hal itu.

Tapi normalkah hal tersebut?

Sebenarnya, kram / nyeri perut saat haid itu hal yang normal, namun hal itu menjadi tidak wajar ketika sakit tersebut sudah mulai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kram perut atau yang dikenal dengan istilah Dismenore adalah nyeri yang berdenyut di perut bagian bawah. Kram ini banyak dialami oleh wanita baik sebelum maupun sesudah datangnya periode menstruasi.

Rasa nyeri tersebut ada yang tidak mengganggu sama sekali dan bahkan ada juga yang sampai mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan.

Kenapa hal ini bisa terjadi?

Karena selama periode menstruasi rahim mengalami kontraksi untuk membantu mengeluarkan lapisan yang menumpuk. Tingkat hormon prostaglandin (hormon yang mempengaruhi rahim) yang tinggilah yang menyebabkan rasa sakit berlebih, adapula yang disertai dengan muntah, mual, sakit kepala bahkan diare.

Apa sih penyebab sebenarnya rasa nyeri tersebut??

Sebenarnya tidak ada alasan yang pasti mengapa rasa sakit yang berlebih itu bisa muncul.

Namun harus tetap waspada ketika sakit perut terasa sangat mengganggu, bisa jadi sakit tersebut adalah sebuah alarm dari tubuh kalau ternyata ada sebuah penyakit seperti:

  • Stenosis Serviks

Penyakit yang dialami beberapa wanita karena terjadinya pembukaan serviks yang cukup kecil sehingga menghambat aliran darah saat menstruasi. Hal inilah yang membuat tekanan yang menyakitkan di dalam rahim.

  •  Radang panggul

Sebuah infeksi pada organ reproduksi yang disebabkan oleh bakteri dan biasanya bakteri tersebut dapat menular karena hubungan seksual.

  • Fibroid Rahim

Pertumbuhan jaringan non-kanker di dinding rahim

 

Berikut cara mengatasi nyeri / kram perut saat menstruasi 

  • Banyak minum air putih

Saat kram perut mulai menyerang, coba deh minum air putih. Memang sih tidak mengurangi rasa kram secara langsung, tapi setidaknya dapat mengurangi rasa kram secara langsung. Namun dapat mengatasi perut kembung dan memperberat rasa kram perut yang kamu alami.

 

  • Konsumsi makanan yang sesuai

Saat mengalami kram saat menstruasi, kamu dapat mengkonsumsi makanan yang rendah lemak dan kaya serat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh. Disarankan untuk menghindari makanan belemak, goreng-gorengan, atau makanan cepat saji.


  • Kompres hangat bagian yang kram

Cara mengompres saat nyeri perut melanda yaitu dengan cara menempelkan handuk hangat atau botol berisi air hangat ke area perut yang kram. Selain meredakan rasa sakit, rasa hangat ini juga bisa membuat kamu lebih rileks.


  • Manjakan Tubuh dengan Pijatan

Untuk mengatasi kram perut saat haid, kamu bisa memijat lembut area perut bawah dengan gerakan memutar secara perlahan. Kamu bisa juga menambahkan minyak aromaterapi saat mem
ijat, yag dapat membuatmu lebih rileks.


  • Bergerak Aktif

Rasa tidak nyaman saat haid mungkin membuatmu selalu ingin rabahan saja dikasur kan, tapi kamu harus dapat melawannya dengan aktif bergerak dan berolahraga, karena ketika aktif bergerak maka tubuh dapat memproduksi hormon endorfin yang bisa mengurangi rasa sakit sekaligus memperbaiki suasana hati.


  • Konsumsi obat pereda nyeri

Kamu boleh kok mengkonsumsi obat pereda nyeri dengan catatan rasa nyeri perut yang sudah tidak tertahankan. Seprti paracetamol. Tapi ingat, baca dulu aturan pakainya ya. Jika kamu ragu maka konsultasikan dengan dokter agar dapat diberikan obat dan dosis yang sesuai.


Wadah Ngobrol Sebuah konten yang bertujuan sebagai wadah untuk membahas dan berbagi tentang tips kesehatan, pengalaman penulis, Motivasi dari penulis, dan beberapa puisi karya penulis

Belum ada Komentar untuk "CARA MENGATASI KRAM PERUT SAAT HARI PERTAMA HAID"

Posting Komentar

Hallo sobat ngobrol, silahkan berkomentar yang baik, supaya dapat membawa kebaikan juga buat kamu. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel