CARA MENGGALI POTENSI DIRI

CARA MENGGALI POTENSI DIRI



Haloooo sobat wadah ngobrol

Kali ini aku mau membagi pengalamanku dalam hal menggali potensi diri sendiri.

Naahh pasti ada yang belum tau bahkan bingung bagaimana sih cara menggali potensi diri itu? sebelumnya aku kasih tau dulu pengertian dari potensi diri yaa

Potensi diri adalah kemampuan atau kelebihan dalam diri seseorang yang masih terpendam dan menunggu untuk dikembangkan. Potensi diri ini sudah melakat pada setiap orang, namun sayangnya tak semua orang mampu menggali dan mengembangkan.

Padahal ya dengan menggali potensi yang ada di diri kita, maka hidup kita akan lebih terarah dan berwarna karena tau kemana tujuan yang ingin di capai.

Disini aku ingin menceritakan pengalamanku gimana sih cara aku menggali potensi yang ada di diriku. Dan langkah awalku bermula saat aku membaca sebuah artikel tentang menggali potensi diri, dari situ aku mulai berpikir tuh sambil bergumam "benar juga yaa? aku harus menggali potensi diriku nih".

Memang sih menggali kemampuan diri sendiri memang tak semudah membalikkan telapak tangan, dan banyak juga yang hanya mengikuti kata hati.

Berikut ini langkah-langkah yang aku lakukan untuk menggali kemampuan diri:


Cari tahu impian

Aku ambil bolpoin dan catatan kecil sambil rebahan di kasur waktu itu, trus aku mulai deh mencatat apa sih sebenarnya impian yang aku impi-impikan selama ini. Kalau kamu udah tau apa impian kamu tinggal di tulis aja deh tuh impianmu.

 

Cari tahu apa yang kamu suka

Apa sih yang kamu sukai saat ini? kalau aku suka dunia bisnis dari situ aku belajar dari berbagai macam maedia mulai dari youtube, instagram, ikut komunitas dan juga aku belajar produksi produk sendiri, dan aku sekarang sedang menekuni mempunyai usaha sampinganku.

 

Kenali kelebihan dan kekurangan diri

Setelah aku tau apa yang aku suka, langkah selanjutnya aku catat tuh apa kelebihan dan kekurangan yang aku miliki, lalu aku amati dan pahami. Tujuannya apa sih? tujuann mengetahui kelebihan dan kekurangan diri yaitu supaya aku tahu dimana  potensi diriku yang sesungguhnya.


Berani menghadapi kegagalan

Setalah aku tau kelebihan dan kelemahanku, aku mencoba mewujudkan keinginanku untuk menjadi seorang enterpreuner, nah disitu aku bukan hanya sekali mengalami kegagalan. Namun berkali-kali, dan disitu aku sudah mulai menyerah. Tapi akhirnya aku bangkit mencoba untuk menarima kegagalan itu. Jatuh bangun aku mewujudkan impianku, mulai dari jualan kaos namun masih belum berhasil dan sekarang punya usaha sampingan yaa meskipun terkadang ada sisa porduk, tapi gapapa sih kan semua itu butuh proses. Namanya juga usaha kan pasti ada naik turunnya hehe.


Mencoba Hal-hal Baru

Aku sudah bisa untuk menerima kegagalanku sedikit demi sedikit, namun tidak dapat dipungkiri kalau rasa bosan terkadang menghampiri, dan cara aku meredam kebosanan itu melalui mencoba hal baru. Seperti sekarang ini, meskipun aku sudah ada usaha sampingan, aku juga belajar dunia blogging, meskipun belum jago-jago amat sih hehe


Jangan Takut Berbeda

Awalnya sih aku insecure ya, namun lama kelamaan aku berpikir "kenapa harus takut saat kita berbeda?" toh selama apa yang kita lakukan positif nanti juga orang-orang akan paham sendri. Karena jika kita berbeda maka kita kan lebih tertantang untuk mengembangkan potensi diri kita itu.


Memiliki Motivasi yang Kuat

Meskipun terkadang aku merasa putus asa dan merasa hilang motivasi. Aku berusaha untuk tetap konsisten dengan apa yang telah aku pilih. Caraku memperkuat motivasi yaitu dengan cara mendengarkan motivasi dari youtube, belajar fokus dan membuat susunan target yang jelas, dan juga belajar dari kegagalan sebelumnya.


Tentukan Tujuan

Tanpa tujuan yang jelas pasti akan susah untuk meraih kesuksesan. Beberapa bulan terjun ke dunia bisnis, aku menjadi ragu dan mulai berpikir apa sih tujuanku sebenarnya? dari situ aku mulai menentukan tujuanku sebenarnya, dan itu juga yang membuatku bertahan hingga saat ini.


Hindari Membandingkan diri dengan orang lain

Sebelum aku menemukan tujuan, aku selalu saja membandingkan pencapaianku dengan orang lain, bukannya semakin berpikir maju malah aku merasa stres sendiri. Karena acuan yang aku butuhkan itu bukan pencapain orang lain namun pencapaianku selama ini. Setelah itu aku mulai berhenti membandingkan diriku dengan orang lain. Dan mulai fokus dengan diriku sendiri.


Daaannn itu dia beberapa cara menggali potensi diri dari aku, semoga bermanfaat yaa. Jangan lupa kamu itu berharga, so be yourself....

Wadah Ngobrol Sebuah konten yang bertujuan sebagai wadah untuk membahas dan berbagi tentang tips kesehatan, pengalaman penulis, Motivasi dari penulis, dan beberapa puisi karya penulis

Belum ada Komentar untuk "CARA MENGGALI POTENSI DIRI"

Posting Komentar

Hallo sobat ngobrol, silahkan berkomentar yang baik, supaya dapat membawa kebaikan juga buat kamu. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel